Senam Masal dan Pengecekan Kesehatan

        Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2023 Kelompok KKN 56 Kwayuhan Universitas Aisyiyah Yogyakarta melaksanakan Program kerja terakhir di hari terakhir pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di padukuhan Kwayuhan, Sendangmulyo, Kapanewon Minggir, Sleman, Yogyakarta. 

        Program kerja yang dilakukan antaranya adalah senam sehat masal dan dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis. Kegiatan ini terbuka untuk umum, namun  tetap memprioritaskan masyarakat dari padukuhan Kwayuhan yang terdiri dari masyarakat Rt 1, Rt 2, Rt 3, dan Rt 4. Kegiatan senam sehat dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga selesai, setelah selesai acara senam sehat acara selanjutnya adalah cek kesehatan gratis.

                                                       

      Cek kesehatan merupakan pemeriksaan yang difokuskan pada upaya pencegahan primer dan sekunder, mendeteksi berbagai faktor kesehatan secara menyeluruh yang dapat menimbulkan penyakit tertentu di kemudian hari. Pelaksanaan program “Pengecekan Kesehatan” ini dilaksanakan di Pendopo Wiranara pada hari Minggu, 3 September 2023 mulai pukul 09.00 WIB. Sasaran program pengecekan kesehatan ini adalah seluruh warga padukuhan Kwayuhan mulai dari RT 1, 2, 3, dan 4.

       Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya cek kesehatan secara rutin sebagai upaya deteksi dini PTM (Penyakit Tidak Menular) dan untuk mengetahui berbagai faktor risiko penyakit sehingga dapat melakukan perubahan-perubahan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengubah kebiasaan yang dapat merugikan tubuh.

            Pada pelaksanaan program kerja ini, pengecekan kesehatan yang dilakukan meliputi cek tekanan darah, gula darah sewaktu, asam urat, status gizi, dan cek penurunan fleksibilitas. Setelah semuanya dilakukan pengecekan dan pemeriksaan, kemudian diberikan penjelasan mengenai kondisi yang dialami sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut. Hasil dari data tersebut juga dituliskan ke buku catatan sebagai data kesehatan warga padukuhan Kwayuhan. 

          Pada program ini warga padukuhan Kwayuhan sangat berminat melakukan pengecekan kesehatan secara gratis, dimana dapat terlihat bahwa warga sangat antusias dan bersemangat sehingga pengecekan dapat terlaksana dengan lancar. Program pengecekan kesehatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan masyarakat lebih peduli lagi mengenai kesehatan bagi setiap warga. Jumlah warga yang melakukan pengecekan Kesehatan ± 70 orang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Say No To Skoliosis Sejak Dini: EPSA (Edisi Pencegahan Skoliosis Anak) di SD Kwayuhan"

"Junjung Tinggi Kreativitas Anak Bangsa: Pembuatan Mading Dalam Menyalurkan Kreativitas Anak Padukuhan Kwayuhan"

Jumat Bersih Masjid Al Muttaqien Padukuhan Kwayuhan