"Say No To Skoliosis Sejak Dini: EPSA (Edisi Pencegahan Skoliosis Anak) di SD Kwayuhan"

      



    Skoliosis merupakan kelainan tulang yang kerap terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas. Skoliosis ditandai dengan tulang belakang yang berbentuk seperti huruf S ataupun C. Kelainan ini harus dicegah sejak dini, sebab pada masa anak-anak termasuk golden age dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Jika sejak dini anak-anak memiliki kelengkungan tulang belakang yang menyerupai huruf S atau C, bahkan tidak ada penanganan apapun dan dibiarkan begitu saja maka kelengkungan pada tulang belakang akan progresif seiring bertambahnya usia yang nantinya bisa mengakibatkan kelumpuhan. 

    Edukasi terkait skoliosis sangat penting bagi anak-anak secara dini, karena penanganan yang tepat pada skoliosis anak dapat mencegah kelengkungan yang progresif sehingga anak memiliki tulang belakang yang normal selama masa pertumbuhannya hingga dewasa nanti. Dengan begitu, pada hari Rabu, 23 Agustus 2023 kami KKN Unisa Kelompok 56 bekerja sama dengan SD Kwayuhan di Minggir Sleman untuk menjalankan program kerja kami yaitu EPSA (Edisi Pencegahan Skoliosis Anak).

    Program kerja ini kami targetkan pada anak kelas 1-3 yang secara keseluruhan berjumlah 34 siswa, namun pada hari penyuluhan ada 1 siswa yang tidak hadir dikarenakan sakit. Dalam mengisi penyuluhan kami memberikan beberapa edukasi mulai dari penyebab skoliosis, dampak yang terjadi, bahkan tindakan yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya skoliosis anak. Semua edukasi kami berikan sekreatif mungkin agar mudah dipahami oleh anak-anak. Sebelum memulai penyuluhan tak lupa juga kami berdoa dan diikuti dengan senam bersama. Lebih uniknya lagi kami memberikan sebuah lagu terkait dengan skoliosis, dengan harapan agar mudah diingat dan dipahami oleh anak-anak. Rasa syukur kami yang Alhamdulillah terjalannya program kerja ini dengan lancar. Semoga ilmu yang kami berikan dapat diterapkan dengan baik dan sebagai patokan bagi anak-anak dimasa mendatang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Junjung Tinggi Kreativitas Anak Bangsa: Pembuatan Mading Dalam Menyalurkan Kreativitas Anak Padukuhan Kwayuhan"

Jumat Bersih Masjid Al Muttaqien Padukuhan Kwayuhan