"Junjung Tinggi Kreativitas Anak Bangsa: Pembuatan Mading Dalam Menyalurkan Kreativitas Anak Padukuhan Kwayuhan"



Pentingkah kreativitas itu?

       Kreativitas adalah daya cipta seseorang dalam menemukan ide-ide baru. Setiap anak memiliki kreativitasnya sendiri. Namun, banyak dari mereka yang idenya tidak tersalurkan dan hanya dipendam begitu saja. Kreativitas anak dapat menurun tergantung bagaimana didikan dari orangtuanya, lingkungan sosialnya, bahkan dari diri sendiri yang memang tidak percaya diri atas intelegensi yang ia punya. 

        Anak bangsa yang berkemajuan terlahir dari anak-anak yang memiliki kreativitas dan tekad yang tinggi. Sehingga rangkullah mereka sejak dini yang nantinya mereka akan terbiasa mengupgrade kreativitasnya hingga mandiri. Dengan begitu kami memberikan wadah kepada anak-anak Padukuhan Kwayuhan agar menyalurkan kreativitasnya di dalam mading yang ada di Masjid Al Muttaqien. 

Ada apa dengan mading?

         Mading termasuk salah satu media yang efektif dalam mengembangkan kreativitas anak. Biasanya dalam pembuatan mading anak secara otomatis akan mengasah kreativitasnya. Bisa kita lihat dari bagaimana anak-anak bekerja sama, secara otomatis bisa mengembangkan life skill mereka dalam kerja sama tim. Selain itu, mading juga bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka. Sehingga inilah pilihan yang tepat agar kami bisa membangun kretivitas anak-anak Padukuhan Kwayuhan mulai dini untuk kemajuan bangsa di masa mendatang.

     Pada hari Senin, 28 Agustus 2023 merupakan awal dalam pelaksanaan program kerja kami terkait Creative Activity yaitu pembuatan mading di Masjid Al Muttaqien. Kami mengajak anak-anak Padukuhan Kwayuhan untuk berpartisipasi di dalam pembuatan mading. Pada hari itu, sekitar 18 anak hadir dengan membawa alat tulis, mewarnai, bahkan alat menggunting. Walaupun kami sudah menyediakan berbagai keperluan mading namun kami berfikir tidaklah cukup jika hanya mengandalkan alat yang sudah kami sediakan dengan anak yang lumayan banyak. Dalam pembuatan mading ini, kami perlukan sekitar 3 hari untuk menyelesaikan segala kreativitas dari masing-masing anak. Pertemuan kedua pada hari Rabu, 30 Agustus 2023 dan Pertemuan ketiga pada Jumat, 1 September 2023.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Say No To Skoliosis Sejak Dini: EPSA (Edisi Pencegahan Skoliosis Anak) di SD Kwayuhan"

Jumat Bersih Masjid Al Muttaqien Padukuhan Kwayuhan