DOM (Development of Marketing ) Kerajinan Besek Bambu Padukuhan Kwayuhan, Sendangmulyo, Minggir.

 DOM ( Development of Marketing )

Kerajinan Besek Bambu Padukuhan Kwayuhan, Sendangmulyo, Minggir, Sleman, DIY



        Kegiatan Development of Marketing merupakan sebuah strategi untuk mengembangkan bisnis yang lebih fokus pada memperkenalkan produk yang sudah ada ke target pasar baru atau pasar yang lebih luas cakupanya. Usaha ini dilakukan dalam upaya meningkatan penjualan serta meningkatkan  produktivitas dalam suatu bisnis.

        Padukuhan Kwayuhan merupakan sebuah padukuhan yang terkenal sebagai pusat pembuatan Besek dimana besek- besek ini dibuat secara langsung oleh para warga. Penggunaan besek bambu memiliki fungsi sebagai upaya dalam mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Besek ini dijual per Kodi dengan harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran besek, harga dan ukuran sebagai berikut :

ukuran kecil 18 cm dengan harga Rp. 30.000

ukuran  Sedang 20 cm  dengan harga Rp. 40.000

ukuran  besar 25 cm dengan harga Rp. 45.000

Sistem penjualan besek , biasanya para warga yang membuat besek menitipkan hasil kerajinan besek mereka ke pengepul yang ada di Padukuhan Kwayuhan. Di padukuhan Kwayuhan sendiri ada 5 pengepul yang menyalurkan dan menjual besek ke konsumen secara langsung.



Kegiatan mebuat besek ini merupakan kegiatan sehari hari warga padukuhan Kwayuhan, dimana tujuan warga saat ditanya mengenai pembuatan besek ini ,mayoritas warga menjawab kegiatan dalam pembuatan besek hanya  untuk mengisi waktu luang dan bukan sebagai mata pencaharian utama, namun karena banyaknya warga yang membuat besek di Padukuhan Kwayuhan ini, Sehingga menjadikan Padukuhan Kwayuhan terkenal dan identik dengan kerajian besek bambu.

a

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Say No To Skoliosis Sejak Dini: EPSA (Edisi Pencegahan Skoliosis Anak) di SD Kwayuhan"

"Junjung Tinggi Kreativitas Anak Bangsa: Pembuatan Mading Dalam Menyalurkan Kreativitas Anak Padukuhan Kwayuhan"

Jumat Bersih Masjid Al Muttaqien Padukuhan Kwayuhan